19 September 2022

3 Tips Memilih Atap Saat Renovasi Rumah Minimalis, Sesuaikan dengan Budget

Saat melakukan renovasi pada rumah minimalis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah atap. Selain soal fungsi, pemilihan atap juga mempengaruhi estetika. Memilih atap secara acak akan membuat tampilan rumah buruk dan secara fungsi perlindungan pun mungkin kurang maksimal. Untuk itu, penting memperhatikan  beberapa faktor penting seperti menetapkan budget, hingga memilih bahan atap yang tepat sejak awal. Supaya Anda semakin paham tentang memilih atap yang tepat pada saat melakukan renovasi rumah, berikut ini 3 tipsnya:

 

1. Mempertimbangkan beberapa faktor yang penting

Saat hendak memilih jenis atap rumah minimalis, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dengan matang. Mungkin Anda bisa konsultasikan langsung dengan arsitek atau kontraktor, bagaimana memilih atap yang tepat sesuai kondisi lingkungan maupun desain rumah secara keseluruhan.

 

2. Menetapkan budget Anda

Sebelum menentukan kebutuhan atap yang ingin dipakai pada rumah minimalis, Anda perlu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang anggarannya. Budget yang Anda miliki harus mencakup biaya bahan, tenaga kerja, dan perbaikan-perbaikan potensial.Biaya perbaikan ini sangat perlu untuk disiapkan dari jauh-jauh hari, Anda. Hal ini dikarenakan banyak pemilik rumah minimalis yang terkejut ketika menemukan beberapa area atap yang harus segera diperbaiki sebelum memasang atap baru.

Jumlah uang yang telah Anda keluarkan untuk atap rumah tidak boleh dianggap sebagai sebuah ‘hutang’. Melainkan atap rumah minimalis harus Anda lihat sebagai sebuah investasi yang berpotensi dapat membantu meningkatkan nilai rumah di masa mendatang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan berkonsultasi langsung pada ahlinya agar pemilihan atap rumah minimalis Anda lebih budget wise dan tetap berfungsi maksimal.

 

3. Memilih bahan atap yang tepat

Jenis bahan atap yang Anda pilih untuk rumah minimalis tentu akan sangat berdampak besar pada budget, dan ketahanannya. Anda dapat memilih dari beberapa jenis bahan atap yang lebih umum untuk dipasang pada rumah minimalis saat renovasi, seperti sirap aspal, logam, batu tulis, dan karet. Namun bila Anda tertarik untuk mencoba bahan lain, Anda dapat memilih bahan atap yang ramah lingkungan untuk rumah minimalis.

Anda perlu ingat, ya, bahwa dari setiap jenis bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, lho. Tergantung pada jenis bahan atap yang Anda pilih untuk dipasangkan di rumah minimalis, ada beberapa dari mereka yang dapat bertahan dari 15 hingga lebih dari 100 tahun.

Supaya pemilihan bahan atap untuk rumah minimalis dapat tepat dan sesuai, sangat penting bagi Anda untuk menjalin kerja sama dengan kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya.

 

Itulah 3 tips memilih atap yang tepat pada saat melakukan renovasi rumah minimalis. Semoga dengan adanya tips ini, Anda jadi paham ya untuk memilih atap yang tepat untuk rumah kesayangan.