28 November 2022

5 Tahapan Membuat Atap Rumah yang Benar

Seringkali kerusakan atap disebabkan akibat tahapan membuat atap di awal yang tidak benar. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, kami akan mengulas tentang tahapan membuat atap rumah yang benar.

 

1. Mempersiapkan perhitungan kebutuhan atap

Membangun sebuah rumah, tentu kita harus mempersiapkan terlebih dahulu hitung-hitungannya. Agar apa yang yang telah dipersiapkan baik itu budget, konstruksi bangunan dan lain-lainnya bisa sesuai sebagaimana rencana awal.

 

2. Sortir Genteng

Penting bagi Anda untuk melakukan penyortiran genteng yang sudah Anda beli sebelum memasangnya. Hal ini untuk melihat apakah ada genteng yang cacat atau rusak.

 

3. Pastikan rangka terpasang dengan benar

Jika rangka sudah terpasang dengan baik, maka tidak ada kekhawatiran ketika memasang genteng. Bila pemasangan rangka belum sempurna tapi tetap melakukan pemasangan genteng, justru akan membuat pekerjaan semakin lama.

 

4. Pemasangan genteng dilakukan tiap baris mendatar

Baris pertama haruslah berada di puncak atap dan bukan di tepiannya. Pasang genteng-genteng pada baris selanjutnya dengan mengikuti barisan genteng di atasnya, yaitu baris pertama ketika kita memasang genteng.

 

5. Lindungi rangka atap menggunakan aluminium foil

Fungsi aluminium foil pada rangka atap dapat digunakan sebagai peredam panas dan radiasi matahari yang menembus plafon rumah. Selain itu juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah.

 

Dari sekian tahapan membuat atap tadi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dengan cermat. Jadi, lakukan dengan penuh perhitungan dengan tetap memperhatikan estetika. Semoga bermanfaat.