17 October 2022

Mengenal atap rumah berdasarkan fungsinya

Atap harus disesuaikan dengan bentuk & model rumah. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penampilan, biaya, iklim, dan material yang digunakan

Berikut ini fungsi serta tips dalam memasang atap rumah bebas bocor:

 

1. Sebagai nilai seni rumah

Sebaiknya atap selaras dengan rumah dan sesuai selera penghuninya, maka gunakanlah atap berkualitas baik, mampu memberikan jaminan keselamatan jiwa, serta membuat rumah tampil indah dan menawan.

 

2. Sebagai peredam suara

Agar tercipta sebuah peredam suara yang baik, seperti sebagai peredam suara petir, hujan, suara mesin pesawat terbang, kendaraan lalu lintas, dan lain-lain, maka gunakanlah bahan yang tebal dan padat.

 

3. Sebagai pelindung dari angin

Pastikan material penutup tertata secara sempurna, sehingga tidak terjadi kebocoran ketika hujan. Atau pun saat kondisi cuaca buruk, terjangan angin yang kuat membuat atap terlepas dengan sendirinya.

 

4. Sebagai pelindung dari petir dan api

Bagi anda yang mempunyai rumah di dataran tinggi, tidak ada salahnya jika atap rumah dipasangi penangkal petir. Selain itu, hendaknya menggunakan penutup atap yang terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar seperti genteng metal Rainbow.

 

5. Sebagai pelindung dari badai

Gunakan bahan material yang bagus, berkualitas, tebal, dan kedap air. Demikian halnya bahan pelapis antibocor, yang dapat diaplikasikan secara bersamaan dengan pemasangan atap agar sambungan atap tidak mudah bocor.

 

6. Sebagai pelindung dari sinar matahari

Penggunaan atap miring juga memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan model atap lainnya. Sebab, pada bagian bawah atap, terdapat rongga yang cukup untuk sirkulasi udara dan berfungsi sebagai pengusir panas.

 

Pemilihan atap yang tepat, baik, dan memiliki standar kualitas ketebalan dapat memberikan keselamatan jiwa. Untuk itu jangan sampai keliru dalam memilih atap yang sesuai dengan rumah Anda. Semoga bermanfaat.