24 October 2022

Perhatikan 3 Tanda Anda Harus Mengganti Genteng Rumah

Genteng atau atap adalah bagian terpenting dari rumah. Sehingga penghuninya bisa nyaman berteduh bersama anggota keluarga. Jika atap bocor atau dimakan rayap, bisa membuat kondisi di dalam rumah tak nyaman. Masalah paling umum pada genteng adalah air meresap ke dalam bagian yang sudah aus dan menyebabkan kerusakan pada struktur di bawah. Saat itulah kebocoran ke dalam rumah dan jamur mulai terjadi. Secara estetika juga menjadi tak cantik lagi.

 

Ada tanda-tanda kapan waktu yang tepat untuk mengganti atap. Apabila sudah melihat tanda-tanda aus, itu bisa berarti biaya perbaikan menjadi lebih mahal.

1. Ketika Terlihat Lapuk dan Usang

Ganti atap jika kayu dalam kondisi yang buruk dan lapuk. Cara termudah melihatnya ketika bagian kayu atau sisi-sisinya melengkung atau memiliki penampilan seperti cawan. Lalu genteng pecah. Atau ada tambalan sebelumnya yang harus diganti baru.

 

2. Lumut Muncul

Tanda lain untuk mengganti atap adalah bahwa Anda melihat lumut di antara bagian genteng. Lumut tumbuh secara alami di antara genteng, terutama pada atap yang berada di daerah teduh atau iklim lembab. Dan lumut bisa mengisyaratkan kerusakan tersembunyi.

 

Lumut menyerap air seperti spons dan menahannya. Lumut menghalangi air untuk turun, hal itu juga dapat menyebabkan air merembes ke lapisan di bawah atap, menyebabkan kerusakan dan pertumbuhan jamur. Jadi jika melihat lumut, segera panggil tukang untuk membersihkan lumut dan mencari tanda-tanda kerusakan permanen.

 

3. Pertimbangkan Usia Atap

Faktor kunci lain dalam menentukan apakah perlu mengganti atap adalah usia atap itu sendiri. Soal usia adalah sesuatu yang perlu diingat. Atap yang berusia setidaknya rata-rata 20 tahun tentu harus diganti. Atap batu tulis, tembaga dan tanah liat atau beton dapat bertahan lebih dari 50 tahun dan atap kayu dapat bertahan sekitar 30 tahun.

 

Jadi, tergantung pada bahan apa yang Anda miliki dan kapan terakhir kali diganti. Dan ketika mengganti, sebaiknya mempertimbangkan untuk mendapatkan bahan yang akan bertahan lebih lama seperti atap logam.