24 June 2024

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memasang Atap Baja Ringan

Kesalahan memasang atap baja ringan dapat berpengaruh besar terhadap ketahanannya atau bisa membuatnya rawan roboh. Berikut ini adalah lima kesalahan yang harus dihindari saat memasang atap baja ringan.

Teknik pemasangan

Dalam pemasangannya menggunakan sistem kesatuan yang terdiri dari beberapa elemen sehingga teknik pemasangannya tidak bisa sembarangan karena perlu perhitungan kekuatan beban dan gambar kerja sebelum pemasangan dilakukan.

 

Ring dudukan atap tidak rataKuda-kuda atap baja ringan biasanya sudah memiliki ukuran yang sama sesuai yang dipesan. Apabila bagian pada ring balok atau dudukan atap ada yang tidak rata, kuda-kuda pun ikut tidak rata dan akan menyulitkan dalam pemasangan reng.

 

Kombinasi rangka atap dan penutup atap tidak sesuai

Sebaiknya gunakan penutup atap yang ringan juga. Apabila menggunakan spesifikasi baja ringan dan atap metal tetapi menggunakan genteng tanah liat, nantinya akan ada berisiko atap berlekuk ke bawah.

 

Pemasangan tidak hati-hati

Pada saat pemasangan atap, rangka baja ringan sering kali tidak sengaja terbentur. Benturan tersebut dapat membuat lapisan antikarat pada rangka atap baja ringan menjadi terkelupas. Jika dibiarkan, bagian atap ini bisa berkarat.

 

Tidak memperhatikan beban

Setiap rangka atap pastinya memiliki spesifikasi bebannya sendiri. Rangka atap baja ringan memang ringan dan kokoh, tetapi terkadang kita kurang memperhatikan beban yang akan menempel. Jika terlalu berat, rangka atap bisa bengkok.

Itulah 5 tips menghindari kesalahan memasang atap baja ringan agar tidak ambruk. Selain memilih jenis baja ringan yang berkualitas, melakukan perencanaan, koordinasi dan memilih ahli profesional juga perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.