5 August 2024

Tips Memasang Rangka Baja Ringan Sendiri

Secara umum pemasangan rangka baja ringan bisa dikatakan mudah. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pemasangan atap baja ringan, Anda bisa memasangnya sendiri. Ketika sedang proses pemasangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

 

Tingkat kemiringan atap

Jika kemiringan atap semakin curam, maka jumlah kuas atap akan ditambah. Secara ideal, kemiringan atap ada diantara 25 hingga 30 derajat. Tingkat kemiringan ini dikatakan ideal dilihat dari segi konstruksi.

 

Jumlah beban atap

Beban atap terdiri dari beban hidup dan beban mati serta beban angin. Beban yang masih bisa disiasati adalah beban mati yakni penggunaan penutup atap. Oleh sebab itu, perhatikan material yang digunakan sebagai penutup atap.

 

Bentuk atap

Bentuk atap yang paling baik untuk memasang atap baja ringan ini adalah bentuk pelana dan juga limasan serta kombinasinya. Jika Anda memiliki budget lebih bisa menggunakan atap baja ringan dengan bentuk yang melengkung.

 

Pemasangan atap baja ringan

Ketika pemasangan, harus diperhatikan juga jarak antar kuda-kuda, maksimal 1,2 meter. Sambungan kuda-kuda juga harus diperhatikan termasuk web atau ander dengan jarak maksimal 1,2 -1,5 meter.

 

Demikian teknik cara pemasangan rangka baja ringan, dengan cara tadi tentu Anda bisa memasang sendiri rangka atap baja ringan dengan perhitungan yang benar dan hasil yang sempurna. Semoga berhasil!