10 June 2024

3 Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Genteng Atap Rumah

Perhitungan kebutuhan genteng sangatlah perlu dilakukan. Bukan hanya untuk mengetahui berapa jumlah genteng yang dibutuhkan, tapi juga mempertimbangkan jenisnya. Berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan genteng yang harus Anda pahami saat akan merenovasi atau membangun rumah:

 

1. Kenali Ukuran Genteng
Pastikan Anda telah mengenali dan mengetahui jenis genteng yang akan digunakan. Ada berbagai jenis genteng rumah dengan ukuran dan kebutuhan per m2 nya yang berbeda sehingga jumlah yang dibutuhkan dalam satu meter perseginya pun akan berbeda.

 

2. Menghitung Berdasarkan Luas Atap
Anda harus menghitung berapa luas atap yang Anda ingin bangun. Perhitungan ini membutuhkan hitungan matematis karena harus dilakukan secara tepat. Walaupun bisa mendapatkan angka yang cukup akurat, disarankan untuk melebihkan genteng yang dibeli sebagai antisipasi kebocoran atau kerusakan.

 

3. Menghitung Berdasarkan Lebar Pondasi dan Teras Rumah
Anda dapat menghitung kebutuhan genteng dengan mengukur lebar pondasi dan teras rumah. Saat menggunakan cara ini, ada baiknya Anda melebihkan 1 m pada panjang dan lebar bangunan untuk berjaga-jaga jika genteng mengalami kerusakan.

 

Satu tips yang harus diperhatikan adalah cara menghitung kebutuhan genteng satu ini masih belum memperhitungkan kebutuhan genteng rumah untuk bagian balkon. Anda harus melakukan penghitungan terpisah untuk area tersebut. Semoga bermanfaat.