6 May 2024

4 Kemungkinan Penyebab Genteng Bocor

Atap bocor bisa menjadi mimpi buruk bagi pemilik rumah. Mengidentifikasi penyebab utama atap bocor sangat penting untuk perbaikan yang efektif. Simak apa saja kemungkinan penyebab genteng bocor berikut ini:

 

1. Posisi genteng yang berantakan

Letak genteng yang tidak rapat pastinya mampu membuat air menembus rumah kalian. Biasanya penyebab yang paling umum sering terjadi adalah posisi genteng yang tidak rapat.

 

2. Genteng pecah

Ada 2 solusi yang bisa dipraktekkan agar genteng yang pecah bisa tertutupi. Pertama mencari genteng yang ukurannya sama, kedua melapisi genteng dengan serat fiber dan cat waterproof. Biasanya para tukang lebih memilih cara kedua karena lebih simpel.

 

3. Konstruksi atap yang melengkung

Kemungkinan penyebab yang ketiga adalah konstruksi atap yang melengkung. Cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan baja ringan sebagai material konstruksi atap.

 

4. Talang seng yang bolong dan berkarat

Talang seng yang bolong bisa teratasi dengan menggunakan zink aluminium yang kuat dan tahan karat. Sedangkan jika talang retak, masih bisa kalian atasi dengan penggunaan serat fiber dan juga cat waterproof.

 

Itu tadi penyebab kenapa atap atau genteng kita mengalami kebocoran atau rembes. Jika atap atau genteng sudah mengalami seperti yang diatas baik bocor kecil lebih baik harus segera diperbaiki. Semoga bermanfaat.