13 May 2024

4 Cara Perawatan Atap Rumah agar Tidak Mudah Bocor

Setelah memilih desain atap rumah dengan material terbaik, selanjutnya lakukan perawatan agar atap tahan lama. Tujuannya menghindari kerusakan seperti kebocoran yang terjadi ketika musim penghujan. Berikut ini cara perawatan atap rumah yang mudah dilakukan secara rutin.

 

1. Cek secara Berkala

Langkah pertama lakukan cek atap secara berkala dengan waktu minimal 3 bulan sekali. Anda perlu mengecek posisi atap tidak ada yang bergeser atau pun rusak. Periksa setiap bagian untuk memastikan tidak adanya lubang yang dapat menyebabkan kebocoran.

 

2. Bersihkan dengan Rutin

Cara perawatan atap rumah yang kedua, bersihkan secara rutin agar kotoran yang mengendap di atap tidak mengakibatkan keretakan. Pastikan pada bagian atap rumah tidak ada lumut yang menempel karena dapat berisiko membuat atap menjadi bocor.

 

3. Cegah Kebocoran Fatal

Ketika memeriksa atap dan menemukan adanya kebocoran atau bagian yang berisiko mengalami kebocoran segera lakukan pencegahan. Caranya dengan menutup bagian yang bocor dengan menggunakan tambalan. Kebocoran bisa Anda lihat ketika sudah ada bekas air di atas plafon rumah.

 

4. Mengecat Atap

Langkah keempat bisa dilakukan dengan menggunakan cat. Ini khusus atap rumah yang terbuat dari beton atau asbes. Anda bisa menggunakan cat jika atap sudah berusia tua sehingga tidak mengalami kebocoran dan kerusakan. Cat akan melindungi bagian atap yang sudah rapuh sehingga menjadi lebih aman.

 

Cara perawatan atap rumah ini bisa Anda lakukan bertahap sesuai dengan kebutuhan. Jika semua cara sudah dilakukan lantas masih terjadi kebocoran, maka Anda sudah seharusnya melakukan penggantian atap. Pilihlah genteng metal Rainbow yang tahan terhadap segala cuaca dan sudah terbukti kualitasnya. Semoga bermanfaat!