19 June 2024

Tips Rumah Tahan Banjir

Banyak sekali pertimbangan ketika kita ingin memiliki sebuah rumah, khususnya di wilayah Indonesia, salah satunya adalah agar rumah terhindar dari banjir. Anda bisa mencoba tips tentang desain rumah tahan banjir berikut ini:

 

1. Pondasi rumah

Tinggi pondasi berkisar antara 40-50 cm di atas jalan yang terdapat di depan rumah. Tanah diurug dengan ketinggian minimal 50 cm di atas jalan. Pastikan halaman dan carport lebih tinggi dari permukaan jalan.

 

2. Tinggi rumah

Pastikan ketinggian bagian inti rumah sudah berada di atas ketinggian maksimal banjir yang pernah terjadi. Minimal lebih tinggi daripada permukaan jalan, sungai, ataupun saluran air lainnya.

 

3. Tinggi lantai rumah

Pastikan jarak antara lantai dan plafond jangan terlalu dekat, yakni tinggi plafond sekitar 2,8 – 3,2 meter. Bisa juga membuat blokade di sekitar teras. Resikonya bisa mengurangi nilai estetika bangunan.

 

4. Membuat kolam ikan

Membuat kolam ikan di bagian taman rumah. Namun keberadaan kolam tersebut hanya mampu menahan banjir yang ringan. Resikonya, Anda pun akan kehilangan ikan bila banjir datang.

 

5. Periksa bagian rumah lainnya

Pastikan septictank, saluran drainase, dan instalasi listrik terdapat pada area yang bebas banjir.

 

Bagaimana jika rumah yang sudah setinggi apa pun tetap banjir? Akali dengan penataan interior dan pemilihan furnitur yang dapat diatur ketika banjir datang. Cara lain dengan menyisakan lahan hijau untuk resapan air. Semoga tips tadi bermanfaat.